Cafe Bisnis Online
News Update :

Teknologi Informasi & Komputerisasi; Jalan Baru Pengelolaan Zakat, Infak, Sedekah dan Bantuan Kemanusiaan

Kamis, 15 Maret 2012

Saat ini dengan kita kenal sebagai zaman modern, zaman modern ini ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga segala urusan yang biasanya dikerja dalam waktu lama sudah bisa cepat, yang tertutup semakin transparan dan keuntungan-keuntungan yang lainnya. Sehingga pengelolaan dan manajemen pribadi sampai urusan Negara sudah sangat harus menggunakan dan menerapkan teknologi tersebut, juga teramasuk untuk urusan pengelolaan dan manajemen zakat, infak, sedekah dan bantuan kemanusiaan lainnya sudah barang tentu harus menerapkan teknologi informasi dan komputerisasi untuk menjalankan segala system yang telah diatur dalam syariat islam.

Tulisan ini bukanlah hal baru untuk disampaikan kepada seluruh pembaca, namun sebagai bentuk kerja keras untuk menerapkan system syariah yang modern (baca:mengikuti perkembangan zaman) maka pantas untuk terus mengapanyekan dan menghadirkannya didepan pembaca sekalian. Gelombang kebangkitan sistem islam yang mengatur kehidupan masyarakat secara material sudah mulai kelihatan dan dibeberapa Negara bahkan sudah menyusun rancangan sistem pengelolaan syariah dalam sistem ekonomi makro-mikronya, apalagi dalam sistem keuangan syariah.

Kebangkitan Islam di Indonesia dan secara keseluruhan di seluruh dunia adalah momentum yang menurut hemat penulis tidak perlu ditanggapi secara berlebihan lantas harus memandang buruk segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan islam, akan tetapi bagaimana Islam tampil sebagai rahmat bagi seluruh alam (manusia dan lingkungan). Islam harus tampil dengan citra yang sangat elegan dan berwibawa. Persoalan yang akhir-akhir ini banyak kejadian yang sangat menyudutkan Islam dan pengikutnya; mungkin itu sisi yang lain yang perlu untuk ditelaah secara kritis. Namun kembali lagi bahwa menuju pada kebangkitan atau kesuksesan tentu banyak rintangan dan tantangan yang akan dihadapi, artinya bahwa bagaimana semua persoalan itu dihadapi dengan perilaku dan sikap yang benar-benar di ajarkan oleh Islam.

Tulisan diatas adalah gambaran besar dari kondisi Islam di Indonesia dan dunia, untuk itu saya mengecilkan pembahasan pada bagaimana Zakat, Infak dan Sedekah serta bantuan kemanusiaan lainnya pun mesti diikutkan dan diadaptasikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komputerisasi. Zakat sebagai bagian kecil dari sistem islam yang tidak bisa dihindari oleh siapa saja yang menganut islam di Indoensia mesti mendapatkan perhatian khusus dari kita semua untuk mengelolanya secara baik dan profesional. Secara sederhana sistem yang penulis maksud adalah : mengapa tidak sistem pengelolaan zakat dll dikelola dengan memakai sistem sama ketika kita membayar rekening listrik, air, Telkom dan lain sebagainya. Tinggal dibuatkan formulasi khusus yang sesuai dengan aturan yang diajarkan dalam al-Qur’an dan As-Sunnah tentang zakat dan lain sebagainya.

Beberapa keuntungan jika zakat infak sedekah dan bantuan kemanusiaan lainnya dikelola dengan menggunakan teknologi informasi dan komputerisasi, bisa dibayangkan kemudahan dan keunikannya :

  1. Sebagai formulasi modern dalam pengelolaan zakat, infak dan sedekah serta bantuan kemanusiaan lainnya yang telah mengikuti perkembanan teknologi informasi dan komputerisasi.
  2. Pengelolaan zakat dapat dikelola secara mudah, cepat, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab.
  3. Dapat dijalankan oleh semua orang yang  tahu dan bisa menjalan system pengelolaan yang sudah ditetapkan, namun dengan training semua orang pasti bisa.
  4. Mengakomodasi semua masyarakat yang ingin memberikan zakat, infak dan sedekah serta bantuan kemanusiaan lainnya di mana pun berada dan disaat kapanpun.
  5. Sebagai langkah kecil ini menjadi terobosan yang menarik dalam mengikutsertakan syariat Islam sebagai ajaran yang tidak terlalu melihat teknologi sebagai benda yang patut dihindari justru  sebaliknya.
Dari point-point positif di atas tentu kita sebagai penganut ajaran Islam diberitakan tantangan tersendiri untuk mengkolaborasi perkembangan sistem pengaturan yang telah ada menjadi sebuah sistem yang lahir sebagai sesuatu yang baru. Tentu ini membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas, jika kita pahami bahwa hidup ini adalah perjuangan dan perjuangan adalah ibadah maka tantangan yang dihadapi insyallah akan mudah dilalui. Semoga ! [SS]

Link Affiliate :
http://UangDownload.Com/join/2076.html
http://topfacebookbisnis.com/go/2195954.html

http://UangDownload.Com/join/48632.html

https://masterkey.masterweb.net/aff.php?aff=5879

Cafe Bisnis Online Cafe Bisnis Online Lowongan kerja buat facebookers Cafe Bisnis Online Cafe Bisnis Online
Share this Article on :

TERKOMENTARI

Cafe Bisnis Online
Amal Shaleh (3) Amanat Undang Undang Dasar (1) Antropologi (1) Arang Tempurung (1) Artis (1) Arumi Bachim (1) Azon Profit MAster (1) BBM (4) Beli Buku (1) Bisnis Potensial (1) Blogger (2) Buku Book (2) Cari Dolar (3) Cari Duit (3) Demonstrasi (8) ebook (2) Fakultas Hukum Unhas (1) Future Technologi (4) Gerakan Indonesia Mengajar (8) Gerakan Mahasiswa (10) Gerakan Pekerja dan Buruh (3) Gizi Buruk (3) Halte Kayu (1) Hamdan Andank (1) Home Shcooling (2) Indonesia Maju (8) Info Lomba (3) Istana Negara (1) Isu Seksi (2) Jalan Baru Islam (4) Jual Buku (1) Jual Buku Digital (1) Kelautan (6) Kesimpulan Buku (1) Kesimpulan dan Saran (5) Kiamat 2012 (2) Kick Andy (1) Kolaborasi (1) Komisi (1) Komoditi (1) Kondisi Masyarakat Pesisir (1) Krisis Pangan (3) Kursus (2) Lamun (1) Lowongan Kerja (1) Masa Depan Dunia (8) Masa Depan Indonesia (18) Masa Depan Kelautan (1) Masyarakat Nelayan (4) McDonald's (1) Membuat Affiliate (1) Mengajar (8) Mobil Esemka (1) Mobil Moko (1) Pariwisata (1) Pasca Sarjana (1) Pendidikan Hukum (2) Penduduk Dunia (2) Penduduk Indonesia (4) Penelitian (2) Penemuan (4) Pengajian Anak (1) Penggulingan Rezim (5) Penggulingan SBY (4) Penhasil Dolar (1) Penjarahan (1) Perairan Indoensia (3) Perikanan (1) Pertanian (1) Pesisir Indonesia (4) Peternakan (1) Rekomendasi (2) Reviw Penelitian (1) Riset dan Survey (4) Sanggar Pendidikan (2) Selebritis (1) Simpulan dan saran (2) Soeharto (1) Software (1) Software Canggih (1) Sosial Politik (1) Statistik (1) Strategi Pembangunan (8) Sulawesi Selatan (2) Teknologi Informatika (8) Teknologi Masa Depan (4) Teknologi Tinggi (7) Tentara dan Polisi (2) Tulisan (3) Universitas Hasanuddin (6) Universitas Se-Indonesia (7) Wakatobi (2)
 

© Copyright LediSYah.com 2010 -2011 | Design by Syahnudin Syahden | Published by Ledisyah Template | Powered by Blogger.com.