Cafe Bisnis Online
News Update :

Bisnis Potensial Arang Tempurung Kelapa

Kamis, 15 Maret 2012


Kelapa yang kita kenal sebagai tanaman yang multiguna ternyata betul, selain dari fungsi dan kegunaan tumbuhan kelapa yang kita ketahui, misalnya minyak kelapa, atap daun kelapa, bahan dasar perabot meubel dan rumah, dll, ternyata sekarang telah dikembangkan suatu produk barang yang diambil dari buah kelapa. Dari buah kelapa tesebut ada satu bagian yang sekarang tengah dicari oleh pasar Nasional dan Internasional yaitu tempurung kelapa. Tempurung kelapa dikemudian dibakar dengan sistem pembakaran khusus untuk menghasilkan arang. Melihat tingkat kebutuhan manusia dan industri terhadap arang ini semakin besar maka diprediksi kedepan tingkat kebutuhan terhadap arang tempurung akan semakin meningkat. 



Tempurung kelapa yang dijadikan arang memiliki dua fungsi, yakni sebagai karbon aktif dan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan, karbon aktif merupakan arang yang telah diaktifkan melalui proses tertentu sehingga mempunyai daya serap terhadap racun dan limbah sedangkan dijadikan sebagai bahan bakar alternatif karena tidak memiliki bau yang menyengat pernapasan manusia.



Di sejumlah negara, karbon aktif biasa digunakan untuk industri farmasi, menetralisasi air limbah yang akan dibuang, dan penjernih dalam industri air mineral. Kalau kita sering melihat iklan/promosi yang tayang diberbagai media dengan produk yang bisa menghasilkan air minum murni dan bersih itu adalah contoh dari manfaat arang tempurung kelapa. Sisa-sisa arang yang bentuknya seperti sisa penggilingan masi bisa dibuat menjadi bahan bakar alternatif berupa briket.

"Briket arang tempurung kelapa ini berbeda dengan briket batu bara yang menimbulkan bau sulfur kalau dibakar. Briket arang tempurung kelapa ini tidak menimbulkan bau menyengat jika dibakar,"
Pabrik memanfaatkan briket ini sebagai pengganti kayu bakar sehingga diharapkan dapat mengurangi pembalakan liar. Selain itu, abu hasil pembakaran briket ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk karena terbuat dari bahan alami, meskipun permintaan akan briket ini masih rendah karena alasan masyarakat lebih nyaman menggunakan minyak tanah dan gas, namun suatu saat masyarakat akan memanfaatkan briket arang tempurung kelapa yang ramah lingkungan ini sebagai bahan bakar alternatif yang tidak kalah dengan minyak tanah dan gas.



Proses Pembuatan
Lebih lanjut mengenai proses pembuatan briket arang tempurung kelapa ini, limbah arang tempurung kelapa yang telah dihaluskan ini diaduk dalam mesin "molen" (pengaduk, red.) untuk dicampur dengan lem dari tepung tapioka. Jadi bahan baku pembuatan briket ini semuanya alami, tanpa campuran bahan kimia apapun, kandungan lem tepung tapioka dalam briket tersebut hanya tiga persen dari banyaknya arang halus. Adonan limbah arang tempurung dan lem tepung tapiokan tersebut selanjutnya dicetak. Secara sederhana untuk mencetak bahan briket yang sudah siap cetak bisa dengan membuat cetakan sendiri dari kayu atau besi yang bentuknya persegi empat atau bundar, bentuk dari cetakan bisa dibuat sesuai denga keinginan.

Potensi lain dari arang yang bisa dihasilkan dari pembakaran arang ini adalah asap cai yang diperoleh dari asap pembakaran arang tempurung. Dengan menggunakan alat dan metode tersendiri secara sederhana bisa diperoleh asap cair. Seperi arang tempurung, asap cair yang dihasilkan banyak pula dinimati oleh perusahaan farmasi, makanan dll.

Oleh : Syahnudin Syahden

Link Affiliate :
http://UangDownload.Com/join/2076.html
http://topfacebookbisnis.com/go/2195954.html

http://UangDownload.Com/join/48632.html

https://masterkey.masterweb.net/aff.php?aff=5879

Cafe Bisnis Online Cafe Bisnis Online Lowongan kerja buat facebookers Cafe Bisnis Online Cafe Bisnis Online
Share this Article on :

TERKOMENTARI

Cafe Bisnis Online
Amal Shaleh (3) Amanat Undang Undang Dasar (1) Antropologi (1) Arang Tempurung (1) Artis (1) Arumi Bachim (1) Azon Profit MAster (1) BBM (4) Beli Buku (1) Bisnis Potensial (1) Blogger (2) Buku Book (2) Cari Dolar (3) Cari Duit (3) Demonstrasi (8) ebook (2) Fakultas Hukum Unhas (1) Future Technologi (4) Gerakan Indonesia Mengajar (8) Gerakan Mahasiswa (10) Gerakan Pekerja dan Buruh (3) Gizi Buruk (3) Halte Kayu (1) Hamdan Andank (1) Home Shcooling (2) Indonesia Maju (8) Info Lomba (3) Istana Negara (1) Isu Seksi (2) Jalan Baru Islam (4) Jual Buku (1) Jual Buku Digital (1) Kelautan (6) Kesimpulan Buku (1) Kesimpulan dan Saran (5) Kiamat 2012 (2) Kick Andy (1) Kolaborasi (1) Komisi (1) Komoditi (1) Kondisi Masyarakat Pesisir (1) Krisis Pangan (3) Kursus (2) Lamun (1) Lowongan Kerja (1) Masa Depan Dunia (8) Masa Depan Indonesia (18) Masa Depan Kelautan (1) Masyarakat Nelayan (4) McDonald's (1) Membuat Affiliate (1) Mengajar (8) Mobil Esemka (1) Mobil Moko (1) Pariwisata (1) Pasca Sarjana (1) Pendidikan Hukum (2) Penduduk Dunia (2) Penduduk Indonesia (4) Penelitian (2) Penemuan (4) Pengajian Anak (1) Penggulingan Rezim (5) Penggulingan SBY (4) Penhasil Dolar (1) Penjarahan (1) Perairan Indoensia (3) Perikanan (1) Pertanian (1) Pesisir Indonesia (4) Peternakan (1) Rekomendasi (2) Reviw Penelitian (1) Riset dan Survey (4) Sanggar Pendidikan (2) Selebritis (1) Simpulan dan saran (2) Soeharto (1) Software (1) Software Canggih (1) Sosial Politik (1) Statistik (1) Strategi Pembangunan (8) Sulawesi Selatan (2) Teknologi Informatika (8) Teknologi Masa Depan (4) Teknologi Tinggi (7) Tentara dan Polisi (2) Tulisan (3) Universitas Hasanuddin (6) Universitas Se-Indonesia (7) Wakatobi (2)
 

© Copyright LediSYah.com 2010 -2011 | Design by Syahnudin Syahden | Published by Ledisyah Template | Powered by Blogger.com.