Cafe Bisnis Online
News Update :

KESIMPULAN BUKU : Bebas Masalah dengan Amal Shalih, Penulis : DR. Falih Bin Muh. Falih

Jumat, 10 Desember 2010

Kami tutup buku ini dengan sebagian jenis musibah, yang aku sebutkan diantaranya :
1. Bahwa musibah merupakan sunnatullah yang pasti terjadi di kehidupan ini yang telah ditakar oleh Allah bagi hambanya, kemudian ia mengujinya dengannya. Yang wajib adalah mensikapinya dengan sikap yang sesuai syariat; dengan mengetahui hakikat musibah kemudian bersabar atasnya, memohon pahala karenanya dan keridhaanNya pada setiap qadha dan takdirNya. Dan yang lebih tinggi lagi yakni bersyukur kepada Allah atasnya, dan inilah kedudukan tertinggi dari orang yang tertimpa musibah, semoga Allah menyampaikan kita kepada kedudukan ini.
2. Bahwa ketika kita katakan, iman merupakan sebab untuk keluar dari kebutuan jalan ini bukan berarti bahwa duka, resah, gelisah, kesedihan tidak akan menimpa orang yang beriman. Bahkan hal ini juga telah menimpa Rasulullah SAW ketika beliau bersedih karena kematian istrinya Khadijah, juga ketika anaknya ibrahim meninggal, juga pada pertistiwa-peristiwa lainnya. AKan tetapi, seorang mukmin hendaknya bersabar atasnya, ridha dan mengharap pahala darinya, tidak goncang atau murka atau melakukan perbuatan yang menunjukkan perlawanan terhadap takdir Allah, atau menelantarkan amal dan pekerjaannya. Kemudian bahwa bencana khawatir dan kesediahan ini akan segera hilang ketika ia melaksanakan wasiat-wasiat agung yang tersebut diatas.
3. Diantara hakikat penting yang harus diketahui oleh seorang manusia adalah bahwa setiap manusia pasti akan mendapat bagian dari kerusakan dan kesedihan, karena jika tidak maka ia akan menjadi jumud / beku tidak ada pergerakan emosi. Lalu bagaimana ia akan menghidupkan perasaannya terhadap kedua orang tuanya, anak-anaknya, istrinya, lingkungannya dan kaum muslimin secara umum seandainya ia tidak mendapat bagian untuk menggerakkan emosinya? Yang penting adalah hendaknya bagian yang diterimanya tetap membuatnya teguh diatas batas-batas syariat, sehingga ia tidak melanggar batasan tersebut yang membuatnya menjadi terhenti dari pekerjaannya, perilakunya yang baik, mementingkan diri sendiri, dan seterunya. Ini memberi pengertian bagi kita, agar kita tidak tergoncang, karena bagian dari kesempitan yang kita terima masih bisa ditanggung, dan itu demi menggerakkan perasaan emosional untuk berbuat kebaikan dan perbaikan.
4. Bahwa perkara utama untuk membebaskan diri dari bencana-bencana di atas dan bencana selainnya adalah hendaklah seorang muslim mensikapinya sesuai syariat, yang ringkasannya :
a. Meyakini bahwa semua berasal dari Allah. Keyakinan ini akan mewariskan baginya keimanan terhadap qadha dan qadar Allah.
b. Bersabar atasnya tanpa bosan, mengeluh dan murka. Dan yang paling tinggi dari itu semua adalah, ridha kemudian bersyukur kepada Allah atasnya.
c. Memperbanyak amal-amal shalih, diantaranya :
- Dzikir-dzikir, membaca dan menghafal sebagian isi Al Quran
“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’d : 28)
“Dan Kami turunkan dari AL Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al Isra : 82)
- Sholat
“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (QS. Al Baqarah : 45)
“Istirahatkan kami dengannya wahai bilal”
- Beringak dalam kebaikan-kebaikan yang di syariatkan
‘Maka tidaklah harta berkurang karena sedekah’ dan ‘Sedekah dapat menghapus kesalahan’
- Memberi manfaat kepada orang lain, sebagaimana telah dibahas diatas berdasarkan beberapa hadits nabi
- Juga dengan membantu meringankan kesempitan mereka, menolong mereka, simpati kepada mereka, membantu mencukupi kebutuhannya dan lain-lain.
- Berdoa kepada Allah dan mengulang-ulanginya.
”Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Ghafir : 60)
“Dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan).” (QS. Al A’raf : 56)
- Memperbanyak istighfar
”Maka aku katakana kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat.” (QS. Nuh : 10-11)
Tidak melakukan perbuatan maksiat dan yang paling berat adalah perbuatan dzalim atas manusia karena hukumnya disegerakan (di dunia).
5. Bahwa pencegahan lebih utama daripada pengobatan, maka hendaklah seorang muslim membangun kehidupannya diatas dasar jalan Allah, sehingga ketika ia ditimpa musibah dan dilanda bencana, Allah segera menghilangkannya darinya, “Jagalah Allah maka Allah akan menjagamu”, Jagalah Allah, maka engkau akan mendapatiNya dihadapanmu”, “Kenalilah Allah pada masa kesenanganmu maka ia akan mengenalimu pada masa kesulitanmu.”
Ini adalah petunjuk-petunjuk ringkas yang penting dan praktis yang dibutuhkan oleh setiap muslim, aku memohon kepada Allah semoga tulisan ini bisa dirasakan manfaatnya, menjadikannya sebagai tabungan kebaikan-ku dalam kehidupan dunia dan setelah kematian serta saat dihadapkan kepada Pemelihara Seluruh Makhluk, sesungguhnya Ia maha mendengar, maha dekat dan maha mengabulkan.
Dan shalawat serta salam atas Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Link Affiliate :
http://UangDownload.Com/join/2076.html
http://topfacebookbisnis.com/go/2195954.html

http://UangDownload.Com/join/48632.html

https://masterkey.masterweb.net/aff.php?aff=5879

Cafe Bisnis Online Cafe Bisnis Online Lowongan kerja buat facebookers Cafe Bisnis Online Cafe Bisnis Online
Share this Article on :

TERKOMENTARI

Cafe Bisnis Online
Amal Shaleh (3) Amanat Undang Undang Dasar (1) Antropologi (1) Arang Tempurung (1) Artis (1) Arumi Bachim (1) Azon Profit MAster (1) BBM (4) Beli Buku (1) Bisnis Potensial (1) Blogger (2) Buku Book (2) Cari Dolar (3) Cari Duit (3) Demonstrasi (8) ebook (2) Fakultas Hukum Unhas (1) Future Technologi (4) Gerakan Indonesia Mengajar (8) Gerakan Mahasiswa (10) Gerakan Pekerja dan Buruh (3) Gizi Buruk (3) Halte Kayu (1) Hamdan Andank (1) Home Shcooling (2) Indonesia Maju (8) Info Lomba (3) Istana Negara (1) Isu Seksi (2) Jalan Baru Islam (4) Jual Buku (1) Jual Buku Digital (1) Kelautan (6) Kesimpulan Buku (1) Kesimpulan dan Saran (5) Kiamat 2012 (2) Kick Andy (1) Kolaborasi (1) Komisi (1) Komoditi (1) Kondisi Masyarakat Pesisir (1) Krisis Pangan (3) Kursus (2) Lamun (1) Lowongan Kerja (1) Masa Depan Dunia (8) Masa Depan Indonesia (18) Masa Depan Kelautan (1) Masyarakat Nelayan (4) McDonald's (1) Membuat Affiliate (1) Mengajar (8) Mobil Esemka (1) Mobil Moko (1) Pariwisata (1) Pasca Sarjana (1) Pendidikan Hukum (2) Penduduk Dunia (2) Penduduk Indonesia (4) Penelitian (2) Penemuan (4) Pengajian Anak (1) Penggulingan Rezim (5) Penggulingan SBY (4) Penhasil Dolar (1) Penjarahan (1) Perairan Indoensia (3) Perikanan (1) Pertanian (1) Pesisir Indonesia (4) Peternakan (1) Rekomendasi (2) Reviw Penelitian (1) Riset dan Survey (4) Sanggar Pendidikan (2) Selebritis (1) Simpulan dan saran (2) Soeharto (1) Software (1) Software Canggih (1) Sosial Politik (1) Statistik (1) Strategi Pembangunan (8) Sulawesi Selatan (2) Teknologi Informatika (8) Teknologi Masa Depan (4) Teknologi Tinggi (7) Tentara dan Polisi (2) Tulisan (3) Universitas Hasanuddin (6) Universitas Se-Indonesia (7) Wakatobi (2)
 

© Copyright LediSYah.com 2010 -2011 | Design by Syahnudin Syahden | Published by Ledisyah Template | Powered by Blogger.com.